KESEHATAN

Blog Tentang Seputar Kucing

LightBlog

Breaking

Selasa, 30 Oktober 2018

3 Cara Merawat Bulu Kucing Yang Benar dan Baik


Cara Merawat Bulu Kucing

Kucing adalah seekor hewan yang pada umumnya hewan yang lucu. Apalagi jika bulunya yang panjang lebat dan bersih. Itulah yang buat kucing itu lucu serta kita menjadi gemas. Kalo liat kucing lagi tidur pulas dengan posisi tidur kucing yang memutar seperti bola bulu yang lucu dan imut.
Terus bagaimana cara merawat bulu kucing yang baik dan benar?
Nahh, pengen tahu bagaimana cara merawat bulu kucing yang tepat?. Baca selanjutnya :

Cara merawat kucing untuk pemula terutama bagian bulu. Cara Disini berbagi tips dan cara yang bisa kamu lakukan dirumah merawat bulu kucing agar tidak rontok, menjadi lebih lebat dan terawat. Berikut ini cara-caranya :

1. Memandikan Kucing
Cara Memandikan Kucing
Hal ini yang kadang - kadang dianggap sepele dari kebanyakan pecinta kucing. Bahwa memandikan kucing ini paling dasar dari kebersihan dan kesehatan. Mandi adalah cara perawatan bulu kucing yang benar-benar harus dilakukan.
Memandikan kucing berapa hari sekali ?
kalau kucing saya 1 minggu sekali atau kalau kucing sudah kecium bau-bau gk sedap. Kalau kucing lagi berpenyakit (jamu/kutu) saya mandikan 2 hari sekali dan itu cepet sembuh.
Kalau kamu memang malas memandikan kucing, Kamu bisa membawa kucing kamu grooming di petshop terdekat di kota kamu. Kalau kamu pengen memandikan sendiri, silahkan kamu belajar cara-cara memandikan kucing dirumah, Mempersiapkan alat mandi antara lain:
  1. Shampo kucing jika ingin murah, kalau saya memandikan kucing dengan shampo bayi.
  2. Bak mandi, kalau saya pakai bak mandi bayi.
  3. Air hangat
  4. Handuk dan lain sebagainya.

Jika peralatan sudah siap, langsung mulai cara memandikan kucing :
  1. Pertama membasuh tubuh si kucing terlebih dahulu. Penting jangan menyiram kucing sekaligus, tapi dibasuh pakai tangan sedikit-dikit.
  2. kemudian memakai shampoo khusus kucing ke tubuh kucing atau pakai shampo bayi, tetapi untuk memberikan shampoo jangan berlebihan yah! Secukupnya saja. Pijatlah si kucing dengan perlahan dan merata biar pertumbuhan bulu kucing jadi bagus.
  3. kemudian bilaslah si kucing sampai bersih.
  4. Terakhir, keringkan bulu kucing dengan handuk yang sudah dipersiapkan Gosok atau usaplah seluru bagian tubuh kucing secaa perlahan menggunakan handuk tersebut, biasanya bagian sela-sela tubuh kucing yang susah dijangkau yang lebih basah. Bisa juga kucing dijemur untuk mengeringkan bulu kucing kalau gw menggunakan Hair Dryer.

2. Memberikan Bedak
Bedak kucing
Cara yang kedua ini memberikan bedak khusus kucing karna bagus untuk perawatan kulit dan bulunya. Sebelum kamu memberikannya kepada kucing, baca terlebih dahulu komposisi atau efek yang diberikan untuk kucing, Jangan sampai salah dalam memberikan untuk kucing baik itu usia dewasa atau kitten (anakan).
Kamu juga bisa memberikan bedak kering atau bubuk secara teratur, bedak juga bisa untuk menghilangkan kutu kucing lho, Tapi kamu harus cari yang khusus untuk kucing dan biasanya dalam penggunaanya pun seminggu sekali diberikan ke kucing. Jika ingin beli bedak kucing anti kutu biasanya harga bedak kucing kisaran 20-30rb.

3. Menyisir atau Menyikat
sisir kucing

Perlu kamu ketahui bulu kucing dari ras kucing tertentu yang memang bulunya panjang juga terkadang punya permasalahan yang khusus lho! Contohnya bulu kucing persia, anggora bahkan himalaya atau maine coon.
Nah, pas sekali tips ini sangat cocok buat kamu sebagai pemilik kucing persia, Berikut cara menyisir bulu kucing :
  1. Buatlah kucing merasa nyaman dengan mengusap-usap si kucing terutama bagian leher dan dada serta punggung bagian belakang. Setelah sisir secara perlahan dan lembut bagian perut, kaki dan dada sekitarnya.
  2. Kemudian, bagian kepala serta leher. Sisirlah bagian tersebut sampai tidak terasa seret ,kemudian kebagian lainnya sampai ke ekor dari ujung ke ujung. Jangan menyisirnya secara bolak-balik arahnya, kalau bisa menyisirnya searah.
  3. Yang terakhir, jangan lupa untuk menyisir setiap hari agar tidak ada kerontokan pada bulu kucing dan kamu juga bisa untuk memakaikan bedak kepada kucing sebelum menyisir badannya agar merata.

Memang tiap orang berbeda-beda dalam cara perawatan bulu kucing, Kalau memang kamu bisa merawat bulu kucing dengan baik bagiakan ilmunya di komentar. Selain membuat kucing kamu lebih terawat juga bisa membuat kita terhindar dari bahaya bulu kucing.
Kemudian untuk tips merawat bulu kucing ini juga tidak cuman untuk bulu kucing yang berbulu panjang yah, kamu juga bisa mempraktekan untuk jenis kucing yang lainnya.
Semoga informasi ini bermanfaat buat kalian para pecinta kucing, jangan lupa untuk bagikan atau share informasi penting ini ke teman-teman lainnya. Sekian dan Terimakasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar