KESEHATAN

Blog Tentang Seputar Kucing

LightBlog

Breaking

Senin, 05 November 2018

Ciri ciri kucing cacingan dan cara mengobatinya


Kucing cacingan
Bagi pemilik kucing, obat cacing adalah salah satu obat yang paling dicari di toko obat kucing. Hal ini dikarnakan kucing cukup rentan terkena cacingan. Bukan hanya kucing, binatang mamalia lain pun juga bisa terserang pernyakit cacingan ini. Disaat penyakit cacingan menyerang kucing pada sistem pencernaannya, maka hal ini tentu sangat mengganggu. Mari kita bahas mengenai penyakit cacingan pada kucing.

Macam macam Cacing Pada Kucing
Bagi yang suka pelihara kucing, waspadai beberapa jenis cacing yang bisa menyerang peliharaan kamu lho!, bahkan ada cacing pada kucing yang bisa menular ke manusia. Berikut ini beberapa jenis cacaing pada kucing:

macam macam cacing kucing

1. Cacing Pita di Kucing
Cacing pita ini bisa menyerang tubuh kucing dengan sadis loh! Selain itu, cacing pita bisa menyebabkan diare atau kucing mencret, bahkan bisa menyebabkan kucing sampai berak darah! Jika hal ini dibiarkan begitu saja, usus kucing  akan menjadi terinfeksi, kurang gizi, tubuh kucing menjadi lebih kurus, serta bisa terkena penyumbatan pada usus. Untuk itu sebaiknya untuk Kamu kucing lover segeralah berikan langkah pencegahan, dengan memberikan obat cacing khusus pada kucing dengan teratur. Apa saja jenis cacing pita yang perlu diketahui?? Berikut namanya:

  a.Taeniaformis
      b.Dipylidium caninum
      c.Dibothriocephalus
      d.Echinococcus

2. Cacing Gelang Pada Kucing
Selain Cacing Pita, Kucing juga bisa terserang cacing gelang lho! Meskipun jenis cacing ini tidak menyebabkan masalah serius pada kucing dewasa, namun cacing jenis ini akan memberikan masalah besar untuk kucing yang berumur 1 sampai 3 bulan. Pada anak kucing yang terserang cacing gelang terdapat cirri-ciri seperti perut yang buncit, diare yang disertai bercak darah, dan badan kucing yang kurus akibat dari kurang gizi.

Ciri-Ciri Kucing yang Cacingan
Kucing yang terserang cacing biasanya memiliki tanda seperti turunnya nafsu makan, diare/mencret, kucing muntah, serta turunnya berat badan kucing, dsb


ciri ciri kucing cacingan

ciri ciri kucing cacingan


Penyebab Kucing Terkena Cacing
Kucing yang terjangkit penyakit cacing biasanya disebabkan oleh beberapa factor utama antara lain kebersihan lingkungan, kebersihan makanan dan minuman si Kucing. Hal ini sangat penting karena jika lingkungan tempat kucing tinggal tidak bersih dan terjaga dengan baik maka dapat menyebabkan penyakit cacing dikarnakan kucing suka makan sembarangan di lingkungan mereka termasuk makanan-makanan yang tidak disadari kucing bahwa itu tidak bersih dan berbahaya.

Macam Obat Cacing Untuk Kucing
Kamu dapat membeli obat cacing untuk kucing di apotik terdekat. Biasanya harga obat cacing untuk kucing akan sama dengan obat cacing yang digunakan untuk manusia. Selain membeli, Kamu juga bisa meramu obat cacing sendiri yang berasal dari bahan-bahan alami atau biasa disebut obat cacing tradisional.
Akan tetapi kebanyakan pecinta kucing lebih memilih obat cacing kemasan baik yang cair ataupun bentuk tablet karna kepraktisan. Perlu dicatat bahwa obat cacing untuk kucing ini tidak diperbolehkan  bagi kucing yang hamil dan kucing yang sedang menyusui!

1. Combantrin (pfizer)
obat cacing combantrin ini sebenarnya diperuntukkan bagi manusia, akan tetapi obat cacing ini juga bisa digunakan untuk mengobati penyakit cacing pada kucing, ditambah lagi obat cacing ini terbukti cukup efektif untuk mengobati cacingan pada kucing. Combantrin ini mengandung Pyrantel yang dapat membasmi cacing yang terdapat pada perut anak kucing.

2. Vermox
Obat vermox kucing ini berisi kandungan mebendazole yang berfungsi untuk menghilangkan cacing gelang dan cacing pita yang masuk ke dalam tubuh kucing. Obat ini dapat dijumpai di apotek atau petshop terdekat.

3. Obat Drontal Cat (bayer)
Obat drontal cat ini berisi kandungan prazyquantel dan pyrantel yang ampuh untuk mengobati cacingan pada kucing, dengan obat ini cacing gelang dan cacing pita yang ada dalam tubuh kucing cacingan akan terbunuh. Obat ini juga cukup mudah didapatkan di Petshop atau toko obat kucing terdekat.

4. Obat Drontal Plus + (bayer)
Obat drontal plus ini mengandung prazyquantel dan pyrantel, serta febantel yang sangat baik untuk membasmi cacing yang ada pada kucing cacingan. Kamu dapat memberikan obat cacing pada kucing dengan dosis secukupnya (mengikuti saran dokter). Disarankan obat cacing ini jangan diberikan pada kucing yang lagi hamil karena dapat menyebabkan cacat bagi bayi yang sedang dalam kandungan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar