KESEHATAN

Blog Tentang Seputar Kucing

LightBlog

Breaking

Senin, 12 November 2018

Makanan dan Minuman Kucing Kampung Yang Baik

kucing kampung

Kucing kampung merupakan salah satu jenis kucing yang dipelihara oleh banyak orang pecinta kucing terutama di Indonesia. Dalam memelihara kucing kampung ini, bisa dikatakan cukup mudah. Khususnya, ketika mencari makanan & minuman untuk kucing kampung. Tidak seperti ras kucing Persia, Maine Coon dan lain sebagainya yang memiliki cara perawatan tersendiri.

Makanan adalah hal yang teramat sanagat penting untuk kucing. Kucing bisa sangat rentan terkena penyakit, bila tidak mau makan bahkan tidak makan sama sekali. Meskipun sudah mengetahui hal tersebut, kita masih suka memberikan makanan kucing secara asal-asalan. Pada kebanyakan kasus kucing kampung, orang-orang malah banyak yang tidak peduli terhadap makananya.

Jika kamu memang sayang kepada si kucing  kampungmu yang kecil dan lucu yang kemudian bisa menjadi gemuk, ada beberapa hal yang perlu kamu ketahui perihal makanan maupun minuman yang cocok untuk kucing kampung. Apa saja ya?

Makanan dan Minuman untuk Kucing Kampung
Berikut ini ada beberapa yang  direkomendasikan dalam hal memberikan makanan dan minuman untuk kucing kampung:

A. Makanan untuk kucing kampung

makan kucing kampung

1. Daging - Kucing merupakan sebagai hewan karnivora atau pemakan daging. Untuk makanan jenis daging ini semuanya bagus, tetapi perlu diperhatikan dalam mengolahnya sebelum diberikan untuk si kucing kampung yang lucu dan imut. Bagaimana cara memproses dagingnya? Kamu bisa mengolahnya dengan cara digoreng atau direbus supaya higienis, dan juga bisa dihaluskan seperti layaknya bubur. Kemudian alangkah baiknya ditambahkan dengan daging Ikan (bila ada). Karena makanan untuk kucing kampung adalah daging ikan yang mengandung vitamin E (bagus untuk si kucing kampung). Berikan makanan tersebut beberapa kali dalam seminggu untuk memenuhi kebutuhan nutrisi yang terkandung dalam daging untuk si kucing kampung.

2. Nasi - Sejak dulu memang kucing kampung biasanya hampir selalu diberikan nasi sebagai makanan pokoknya, asalkan jangan berikan nasi saja. Usahakan ketika memberikan nasi supaya dicampuri dengan lauknya. Bisa juga dicampuri dengan daging atau olahan berbahan dasar daging lainnya. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika memberikan nasi untuk kucing kampung. Jangan terlalu banyak dalam memberikan nasinya karena mengandung glukosa yang jika terlalu sering dikomsumsi oleh si kucing bisa menimbulkan obesitas atau kegemukan. Jadi alangkah baiknya secukupnya saja ketika memberikan makanan berupa nasi tersebut kepada si kucing. Memang segala yang berlebihan itu tidak selalu baik.

3. Makanan khusus kucing – Dalam hal makanan khusus kucing pandai-pandailah dalam menyeleksinya untuk kucing kampung kesayanganmu. Makanan khusus kucing ini bisa didapatkan atau dibeli di PetShop terpercaya di kota terdekatmu. Sebisa mungkin dalam memberikan makanan untuk si kucing supaya bervariasi agar si kucing tidak cepat bosan dan pastinya mau makan.

B. Minuman untuk kucing kampung

minum kucing kampung

1. Air putih - Air merupakan kebutuhan bagi semua makhluk hidup di bumi yang sebagian besar organ dalam tubuhnya mengandung air , tak terkecuali dengan si kucing. Berilah kucing kampung tersebut air mineral dalam sebuah wadah untuk minuman setiap harinya agar kucing tidak dehidrasi. Serta jangan lupa untuk mengganti air minumnya dan mencuci wadahnya sehari sekali.

2. Susu - Susu mengandung kalsium dan protein. Kandungan dalam susu tersebut tentu akan  sangat baik untuk kesehatan dan pertumbuhan si kucing. Jangan berikan susu sapi kepada si kucing, karena kucing tidak bisa mencerna dengan baik protein yang terkandung dalam susu sapi. Berikanlah susu khusus kucing yang bisa didapatkan di PetShop terpercaya di kota mu. 

Kesimpulan

Dalam hal pemeliharaan, terutama memberikan makanan dan minuman untuk kucing kampung, kita harus memperhatikannya dengan teliti seperti variasi makanan serta nutrisi untuk si kucing kampung. Dengan adanya kita memberikan dan memperhatikan makanan ataupun minuman yang tepat, dapat membuat si kucing kesayanganmu lebih sehat, aktif serta pertumbuhan bulunya lebat dibandingkan dengan kucing kampung lainnya.

Semoga artikel tentang makanan dan minuman untuk kucing kampung ini dapat bermanfaat. Jangan lupa untuk  berbagi artikel ini kepada para pecinta kucing lainya ya!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar